BERITA |   JOGJA |   POPULER

Jogja

Begini Cara Atasi Kepadatan Penduduk di Jogja

beritajogja.co.id

Dokumen Petamatikindo

Bulan Juli lalu BKKBN mengeluarkan data mengenai sensus penduduk di Jogja. Menurut Ketua BKKBN, Tjondrorini, jumlah penduduk di Jogja hingga Juli 2013 menapai 3,5 juta jiwa. Adapun jumlah tersebut belum termasuk pendatang seperti pelajar atau mahasiswa.

Meningkatnya jumlah penduduk mendesak kebutuhan akan papan bertambah. Namun melihat kondisi saat ini,di mana Jogja tengah siaga bencana banjir dan longsor, pembangunan cukup beresiko. Sebab bakal memakan lahan tanah yang berfungsi secara ekologi menjadi daerah resapan.

Untuk memfasilitasi banyaknya jumlah penduduk dan kebutuhan akan papan, ahli tata ruang UGM, Dyah Widyastuti, mengatakan bahwa sudah waktuny arah pembangunan diubah.

“Pembangunan di Jogja ini horisontal. Memanjang, jadi bisa memakan banyak tanah yang kemungkinan daerah RTH. Sudah saatnya pembangunan tempat tinggal mengarah vertikal, semacam rusun atau apartemen,” katanya pada beritajogja.co.id

Dyah menambahkan, nantinya rusun tersebut digunakan untuk orang-orang yang tidak mampu. Selain itu cara itu dilakukan untuk menghemat luas tanah di Jogja yang sudah semakin sempit dan kekurangan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Pembangunan vertikal seperti ini tidak akan memakan RTH lagi agar banjir tidak separah sekarang di Jogja,” katanya.

Facebook Twitter Share on Google+


DAPATKAN SEGERA DI TOKO BUKU TERDEKAT DI KOTA ANDA! CP: 085799315362


BeritaJogja